BERBAGI
Sumber: sosialbarrel.com

Statusharian.com – Seorang gadis 15 tahun yang telah hilang sejak Minggu diserang secara seksual oleh beberapa pemuda dan serangan itu disiarkan di Facebook Live.

Dan yang paling miris adegan itu disaksikan oleh 40 orang dan 40 orang itu tidak ada satupun yang menelpon pihak berwenang untuk melaporkannya.

Untung, gadis itu ditemukan pada selasa dan sudah dikembalikan kepada ibunya. Namun, pelaku pemerkosaan masih buron dan ini menimbulkan pertanyaan, kenapa 40 orang itu tak menelpon pihak berwenang?

Kejadian seperti ini biasanya disebut Bystander efek, Bystander efek adalah sebuah fenomena sosial di mana semakin banyak saksi atau penonton dari sebuah kejadian darurat membuat orang-orang memilih mengabaikan atau tidak menolong korban dari situasi darurat tersebut.

Menurut Wall Street Journal, Facebook Live telah digunakan untuk menyiarkan setidaknya 50 tindak kekerasan, termasuk pembunuhan.

Saya pun bertanya-tanya, apakah Facebook serius dalam menanggulangi konten-konten kekerasan semacam ini, padahal Facebook sering sekali mengumbar ke pengguna nya bahwa konten-konten kekerasan semacam ini tidak akan muncul di Facebook.

Sumber: The Next Web | Wall Street Journal | nyooze.com

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here