BERBAGI
Kota Hebron di yakini oleh ketiga agama tempat Ibrahim di makamkan.

statusharian.com – Pada Jumat (7/7/2017) badan dunia UNESCO mendeklarasikan Hebron milik Palestina.

Seperti yang dilansir laman Republika, Sabtu, 8 Juli 2017. Badan dunia UNESCO menyatakan Hebron dan dua tempat suci yang berdekatan di jantungnya — Makam Kuno Yahudi dan Masjid Al-Haram Al-Ibrahimi — menjadi bagian dari Palestina.

Atas pendeklarasian ini, Israel marah. Perdana Mentri Israel Benyamin Netanyahu mengatakan, keputusan itu merupakan keputusan yang bertentang dengan kenyataan. “Israel akan terus menjaga Gua Makhpela, untuk menjamin kebebasaan beragama bagi siapapun, menjaga kebenaran,” katanya.

Sementara itu, Menteri Luar Negeri Palestina Reyad Al-Maliki mengatakan, pendeklarasian Hebron bagian dari Palestina merupakan keberhasilan diplomatik Palestina kepada negara-negara anggota (UNESCO).

Tapi, sebenarnya apa itu kota Hebron?

Hebron merupakan kota Palestina terbesar di Tepi Barat yang diduduki oleh Israel dengan penduduk sebanyak 200 ribu jiwa. Di Hebron ada 1.000 pemukiman Israel yang tinggal di jantung kota tersebut. Selama bertahun-tahun, Hebron sering dijadikan tempat friksi antara kaum Muslimin dan Yahudi

Seperti dikutip laman Republika, tempat ini begitu penting di lihat dari sudut agama. Kaum Yahudi meyakini bahwa Gua Makhpela adalah tempat Ibrahim, Ishak, Yakub, dan istri-istri mereka dimakamkan. Sementara itu, kaum Muslimin dan Kristiani juga memandang Ibrahim sebagai Nabi, membangun Masjid.

Jika kalian ingin mengujungi tempat ini, harus bersiap-siap untuk diperiksa karena keamanan disini begitu ketat. Tapi tidak salahnya untuk mengujungi tempat ini, karena disini banyak peninggalan-peninggalan kuno.

Republika

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here