BERBAGI

statusharian.com – Gimp merupakan aplikasi pengolah foto sama seperti Adobe Photoshop dan biasanya aplikasi menjadi alternatif pengganti Photoshop.

Supaya bisa menunjang kebutuhan para editor foto, maka Gimp pun setiap peluncura versi baru selalu menyisipkan fitur maupun perkakas terbaru. Dan kali ini pengembang sedang menguji perkakas baru yakni editor Metadata.

Apa itu editor Metadata

Sebenarnya perkakas editor Metadata adalah perkakas yang sudah lama ditunggu-tunggu oleh pengguna Gimp. Dengan Metada ini, para fotografer dan pengolah foto profesional akan sangat terbantukan karena dengan Metadata para pengguna bisa mengetahui informasi foto atau gambar yang disimpan, pengguna juga bisa mengetahui kecepatan ISO, lokasi (GPS) pengambilan foto, focal lenght, dan lain sebagainya.

Sebenarnya, perkakas editor Metadata sudah ada di Photoshop, akan tetapi yang paling menarik, jika perkakas ini bisa hadir di Gimp maka aplikasi opensource akan sangat bagus dan tak kalah dengan aplikasi komersial.

Nantinya, perkakas editor Metadata akan hadir pada di Gimp 2.9.6 atau 2.10. Untuk sementara ini perkakas editor Metadata sedang dikerjakan oleh pengembang Gimp, Benoit Touchette.

Berikut ini tampilan editor Metadata yang diunggah Gimp di akun Google Plus +Gimp:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here